Kalau Tak Mau Tergerus Perubahan, Mari Belajar dan Beradaptasi

Dokumentasi Pribadi

Kalau menengok kembali kehidupan lima tahun, sepuluh tahun, bahkan duapuluh tahun silam, ada satu hal yang membuat kita berbeda. Perubahan. Bahkan, perubahan itu terus menggelinding semakin cepat. Tak seorang pun yang mampu menghambat.

Orang yang mencoba menghambat, justru akan terhempas oleh ombak perubahan itu sendiri. Satu-satunya yang harus dilakukan adalah menikmati ombak perubahan itu dengan cara berselancar.

Dalam kehidupan nyata, kita harus menyikapi perubahan itu dengan belajar, juga harus adaptif. Sebab itu membantu kita berkarya unggul yang inovatif. Sehingga kita pun mampu bertahan di era yang sangat kompetitif.

Sebagai seorang pendidik (guru), yang sudah mengajar sekitar duapuluh lima tahun, melihat betul perbedaan mendasar aspek pendukung pendidikan dari waktu ke waktu.

Dokumentasi Pribadi

Masih segar dalam ingatan,ku, pernah mengajar menggunakan kapur tulis, lalu OHP. Sekarang sudah didominanasi perangkat yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Untuk perubahan itu, saya pun harus terus belajar dan beradaptasi. Kalau tidak, saya harus keluar dari “arena permaianan”.

Tidak berhenti di situ. Akhir-kahir ini, semakin banyak saja proses pembelajaran yang makin praktis karena kemajuan internet dan teknologi digital. Salah satunya pendidikan yang menggunakan sistem online.

Sebenarnya apa yang menjadi alasan penting dikembangkannya pendidikan berbasis online di Indonesia?

Pertama. Akses pendidikan formal maupun nonformal di setiap daerah Indonesia belum merata. Belum lagi kalau bicara tentang kualitas dari sebuah institusi. Oleh karena itu, banyak masyarakat yang terkendala mengoptimalkan pengetahuan dan ketrampilannya.

Kedua. Jarak antara tempat tinggal dengan lokasi institusi pendidikan yang jauh, bahkan bisa memakan waktu berjam-jam. Ditambah lagi karena kondisi kemacetan di tempat-tempat tertentu mengakibatkan orang malas untuk hadir ke institusi pendidikan tersebut.

Ketiga. Biaya yang dikeluarkan seseorang tentu akan jauh lebih hemat dan ringan. Alasannya karena orang tersebut tidak perlu lagi mengeluarkan berbagai biaya seperti untuk transportasi atau mungkin biaya tempat tinggal.

Keempat. Permanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di negeri ini semakin pesat. Misalnya semakin mudahnya mendapatkan akses internet dan juga gadget yang dapat terkoneksi dengan internet. Ini adalah faktor pendukung terlaksananya pendidikan online.

Kelima. Ada banyak orang yang ingin belajar pengetahuan dan ketrampilan baru, baik itu karena  ingin mendapatkan pekerjaan yang lebih baik atau mungkin sekedar meningkatkan karir, tapi terbentur dengan waktu karena berbagai kesibukan dan pekerjaan.

Keenam. Memasuki era Industri 4.0 tentu kita membutuhkan SDM yang siap pakai dan unggul, terutama dalam ketrampilan berbasis IT. Sementara ketersedian institusi pendidikan yang sifatnya offline masih terbatas dan terkendala oleh beberapa hal yang sudah dipaparkan di atas. Kehadiran pendidikan online tentu akan menjadi jawaban atas permasalahan ini.

Nah, kalau kita mengamati akhir-akhir ini, banyak institusi yang mulai menawarkan pendidikan online untuk memenuhi permintaan dan kebutuhan masyarakat. Seperti kampus, bimbingan belajar dan tempat kursus.

Sekali lagi, pendidikan online telah mampu menjangkau setiap orang, tanpa terhambat oleh jarak dan waktu. Kapan dan dimanapun dapat belajar.

HACKTIV8 adalah salah satu menyanggupi kebutuhan dan permintaan dari masyarakat tersebut. Rekan pembaca sudah pernah mendengar HACKTIV8?

HACKTIV8 merupakan institusi yang menyediakan program pembelajaran yang berfokus pada bidang IT. Menariknya HACKTIV8 ini tidak hanya menyediakan program offline seperti Full Time Program dan Part Time Program. Tetapi HACKTIV8 ternyata memiliki Online Program atau disebut juga HACKTIV8 Online Program.

HACKTIV8 Online Program merupakan program pembelajaran yang berfokus pada bidang programming yang bertujuan upskilling atau memperdalam ilmu tentang pemrograman. Program ini akan berlangsungk selama 3 bulan dengan cara yang fleksibel.

Adapun program yang disediakan untuk HACKTIV8 Online Program ini adalah “Phyton for Data Science”, “React and React Native”,  serta Web App Development.

Nah, apa saja maksud dari ketiga program tersebut?

Phyton for Data Science

Tahukah rekan pembaca bahwa profesi “data scientist” merupakan profesi yang banyak dibutuhkan saat ini. Bahkan seorang pakar, Laurence Bradford, dalam tulisannya di majalah Forbes mengatakan bahwa “data scientist” adalah profesi primadona di abad 21. Mengapa? ‘data is the new oil” di masa-masa yang akan datang. (sumber)

Profesi “data scientist” ini tentu sangat dibutuhkan untuk menganalisis data perusahaan, menanggungjawabi kualitas data perusahaan, melakukan penelitian yang terkait dengan data, serta menggunakan big data.

Beruntungnya, HACKTIV8 ternyata menyediakan pembelajaran untuk mempersiapkan tenaga terampil untuk profesi tersebut, “Online Program Python for Data Science”.

Bagi yang mau belajar program ini kamu akan belajar tentang dasar-dasar Python serta “practical statistic”, cara menyajikan data dengan infografis, sampai pembuatan suatu “machine learning model” dengan menggunakan bahasa pemrograman Python.

Nah, sudah siap menjadi tenaga terampil untuk “data scientist”? Tentu program ini merupakan pilihan yang tepat untuk kamu.

React and React Native

Pernah mendengar “React and React Native”? React & React Native adalah teknologi Facebook yang sangat populer dan berkembang di Indonesia. React Native ini merupakan sebuah framework Javascript yang bermanfaat untuk membuat aplikasi Android dan iOS.

Dengan mempelajari React and React Native ini, maka Kamu akan dapat membuat aplikasi yang dapat berjalan di Web & juga Mobile iOS & Android sekaligus.

Untuk itu, pada program React and React Native ini, kamu akan belajar memahami dasar-dasar React, sampai dengan membuat aplikasi Android & iOS hanya dalam waktu 3 bulan.

Mau? Langsung saja bergabung dengan HACKTIV8 Online Program.

Web App Development

Program yang ketiga dari HACKTIV8 Online Program adalah “Web App Development”. Bagi yang siapa yang tertarik ingin menjadi menjadi seorang Web Developer yang terampil dan andal, maka wajib hukumnya belajar program ini.

Pada program ini, tentu kamu akan belajar banyak tentang basic programming, modern JavaScript, database, testing, hingga mendeploy program. Diharapkan setelah menyelesaikan program ini, kamu akan memiliki kemampuan membuat web aplikasi.

Kalau berbicara tentang benefit mengikuti HACKTIV8 Online Program ini, maka peserta akan mendapatkan sertifikat setelah menyelesaikan program. Tentunya sertifikat ini dapat menjadi portofolio pribadimu untuk melamar sebuah pekerjaan yang lebih menjanjikan. Dengan sertifikat tersebut, maka akan menambah percaya diri kamu mencantumkannya pada CV.

sumber : https://hacktiv8.com/online/

Selain sertifikat, kamu juga akan mendapatkan mentor pribadi yang akan membimbing, memotivasi dan membantu menyelesaikan project. Kemudian dapat bergabung dengan komunitas yang saling mengasah satu dengan lain.

Nah, ini juga tidak kalah penting. Kamu akan menggunakan waktu yang fleksibel. Sehingga kegiatan dan pekerjaan utama tidak akan tergganggu.

Bagaimana rekan pembaca, menarik bukan?

Intinya, kalau kita ingin mendapatkan hasil yang berbeda, maka kita pun harus melakukan sebuah tindakan yang berbeda.

Mengambil peluang belajar HACKTIV8 Online Program, tentu merupakan salah satu cara mempersiapkan masa depan yang berbeda, masa depan yang jauh lebih baik dari sekarang.

Selain itu keputusan dan tindakan kita hari ini, tentu akan memengaruhi siapa kita di masa yang akan datang.

Sementara keputusan dan pilihan kita belajar hari ini (di HACKTIV8 Online Program) merupakan satu cara untuk menghindari gerusan perubahan, sebab kita telah mempersiapkan “senjata” (ketrampilan) yang relevan di zamannya. Salam

Sumber Referensi :

www.hacktiv8.com/online/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *