“FORTUNE Indonesia Summit 2022”: Agenda Kegiatan yang Wajib Dipertimbangkan Peminat dan Pelaku Bisnis

Sumber gambar : IG @fortune.idn

Dua tahun lebih kita berada pada masa sulit karena pandemi Covid-19. Sekarang kasus Covid-19 terus melandai. Tidak sedikit pakar yang memprediksi bahwa negeri kita akan segera memasuki masa endemi. Ekonomi di negeri kita pun semakin pulih dan membaik.

Kalau ditanya, apakah indikator bahwa ekonomi Indonesia itu dikatakan semakin membaik?

Dalam sebuah informasi dari Kemenkeu menjelang akhir tahun lalu (November 2021), disampaikan bahwa konsumsi dan produksi menunjukkan penguatan. Optimisme konsumen terus menguat, hal itu tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada bulan Oktober 2021 yakni 113,4 atau tumbuh 43,5 persen.

Konsumsi dan produksi tersebut tentu dipengaruhi oleh membaiknya aktivitas ekonomi dan penghasilan dari masyarakat.

Selain itu, indeks nilai belanja mandiri pada akhir bulan Oktober 2021 tercatat sebesar 115,2 atau menguat 15 persen diatas level pra pandemi.

Sementara kalau mengacu pada sisi produksi, PMI manufaktur Indonesia pada bulan Oktober 2021 kembali mencatatkan rekor yakni 57,2. Impor bahan baku dan barang modal yang tumbuh sangat tinggi sebesar 55,8 persen dan 29,4 persen menunjukkan adanya aktivitas produksi domestik yang terjaga.

Tentu masih banyak hal lain yang bisa kita jadikan sebagai indikator. Misalnya, baru-baru ini kita bisa melihat semangat masyarakat melakukan mudik lebaran, tentu ini akan mendorong perputaran uang dari kota ke desa. Dengan demikian perekonomian di desa pun akan terus menggeliat.

Pertanyaannya, seberapa siapkah kita memasuki masa endemi atau “era new normal” tersebut?

Bagi yang memiliki ketertarikan dalam bidang bisnis, atau barangkali sudah memiliki rencana yang matang, bahkan telah merancang ide bisnis selama masa pandemi Covid-19, strategi apa yang sudah dipikirkan untuk menggerakkan roda bisnis sehingga bisa melejitkan bisnis yang akan dirintis?

Sudahkah mempersiapkan diri dengan berbagai pengetahuan dan wawasan bisnis yang mumpuni? Pernahkah belajar secara langsung dengan pakar bisnis yang sudah memiliki segudang pengalaman di bidang tersebut?

Pertanyaan ini bukan saja bagi mereka yang sedang merencanakan dan merancang bisnis, tetapi muncul juga bagi para pelaku bisnis selama ini, tetapi mengalami berbagai kendala dan tantangan ketika meneruskan bisnisnya.

Sudahkan memiliki strategi baru atau inovasi bisnis ke depan? Tentu akan berbeda sekali gaya bisnis yang dihadapi ketika masa sebelum pandemi Covid-19 dan sesudahnya.

Setiap orang tentunya diharapkan bisa menangkap peluang yang ada. Artinya, setiap orang juga harus memeriksa kesiapannya sebelum terjun menjalankan bisnis di “era new normal”. Belajar adalah salah kunci sukses. Apalagi bisa belajar dari pengalaman mereka yang sukses lebih dulu.

Bagi yang tertarik ingin belajar banyak hal tentang bisnis, baik itu yang berhubungan dengan market, business, finance, tech, leadership, hingga sustainability, sekarang saatnya!

Pada tulisan kali ini, saya ingin mengampaikan informasi penting berkaitan dengan hal tersebut.

Sudah tahukah sahabat pembaca kalau tahun ini FORTUNE Indonesia akan menyelenggarakan FORTUNE Indonesia Summit? Ini merupakan peristiwa yang pertama kali dilakukan oleh FORTUNE Indonesia.

Nah, sebelum kita bicara tentang FORTUNE Indonesia Summit 2022 lebih jauh, apakah sahabat pembaca sudah pernah mendengar FORTUNE Indonesia?

FORTUNE Indonesia merupakan sebuah media yang resmi diluncurkan di Indonesia bersama dengan IDN Media, tepatnya 8 Agustus 2021.

Sesungguhnya FORTUNE ini sudah didirikan di New York pada tahun 1929 silam, di tengah “Great Depression” dunia. FORTUNE sendiri diharapkan akan memberikan nafas baru untuk bangkit dari keterpurukan, sekaligus menjadi sebuah simbol harapan akan hari esok yang lebih baik saat itu.

Begitu halnya dengan masa sekarang, ketika dunia terpuruk (termasuk Indonesia) karena pandemi Covid-19, saatnya kembali merajut harapan dan membangkitkan optimisme akan Indonesia yang lebih maju. Untuk itulah FORTUNE Indonesia hadir di negeri ini.

Perlu juga diingat, FORTUNE Indonesia sesungguhnya tidak semata-mata hadir sebagai sumber informasi bisnis yang terpercaya atau penyedia perspektif yang mendalam. Berharap FORTUNE Indonesia memberikan dampak positif bagi Indonesia: memandang jauh pada berbagai peluang, melihat kesempatan di tengah problema, dan mengubah pejuang menjadi pemenang.

Kembali kita bicara FORTUNE Indonesia Summit 2022

FORTUNE Indonesia Summit 2022 yang akan diselenggarakan selama dua hari tersebut, yakni 18-19 Mei 2022 pukul 09.00-18.00 WIB di The Westin, Jakarta, akan mengangkat tiga tema besar yang dinilai dapat memberikan insight penting bagi ekosistem bisnis di Indonesia, yaitu impact, sustainability, dan growth.

Adapun topik yang akan diangkat, sangat beragam. Mulai dari market, business, finance, tech, leadership, serta sustainability. Seluruhnya akan dirangkum dalam belasan sesi talkshow serta puluhan pembicara yang inspiratif.

 

Menariknya, FORTUNE Indonesia Summit akan menjadi platform yang melibatkan multi-stakeholder serta business person paling berpengaruh di Indonesia.

Selain diselenggaran talkshow tersebut, dalam FORTUNE Indonesia Summit 2022, juga akan diselenggarakan awarding session bagi sejumlah tokoh yang masuk dalam daftar FORTUNE Indonesia Businessperson of the Year dan 40 Under 40.

Mereka adalah Businesspersons of The Year 2021. Adapun yang menjadi indikator penentuan mereka menjadi Businesspersons of The Year 2021 versi FORTUNE Indonesia adalah keuangan, kepemimpinan, GCG, hingga aksi korporasi.

Sementara untuk kategori  40 under 40 adalah sosok yang mampu beradaptasi dan membuka jalan baru untuk masa depan Indonesia. Walau pandemi telah mengubah segalanya, tetapi mereka tetap memiliki cara tersendiri dalam berbelanja, berinvestasi dan beraktivitas.

Mereka adalah sosok inspiratif yang berusia di bawah  40 tahun yang mampu menjadi agen perubahan. Sementara kalau berbicara dari latar belakang, mereka bukan saja pebisnis. Tetapi ada juga yang berasal dari eksekutif, seniman, olahragawan, penggerak sosial, hingga dari pemerintahan.

Sebagai masyarakat, kita tentu bersyukur dengan ajang seperti ini.  Selain kita bisa belajar berbagai pengetahuan dan wawasan bisnis, kita bisa menemukan berbagai motivasi dan inspirasi dari mereka yang sukses di bidang bisnis dan telah menjadi agen perubahan.

Tertarik menjadi bagian dari FORTUNE Indonesia Summit 2022?

Nah, ini dia cara mengahadiri event tersebut. Silahkan dapatkan tiketnya dengan berlangganan FORTUNE Indonesia selama satu tahun melalui official store FORTUNE Indonesia di Tokopedia atau Buy Ticket.

Siap bergabung dan menemukan berbagai “insight”? Yuk……

_____________________

Sumber Referensi :

  1. https://www.instagram.com/fortune.idn/
  2. https://www.fortuneidn.com/about-us
  3. https://www.fortuneidn.com/businessperson-of-the-year
  4. https://fortunesummit.fortuneidn.com/40-under-40
  5. https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/berita/ekonomi-indonesia-terus-membaik-ini-indikatornya/

More From Author

+ There are no comments

Add yours