Ruangguru: Sahabat Belajar Anak Kami

Dokumentasi Pribadi

“Selamat Pak! Turut bahagia mendengar anak Bapak diterima di Perguruan Tinggi Negeri impiannya.”

Begitu ucapan selamat yang saya sampaikan kepada seorang rekan kerja. Saat itu, tepatnya dua tahun silam, anak sulung mereka diterima kuliah di  Institut Teknologi Surabaya (ITS) jurusan Teknik Lingkungan.

Nah, sebagai orang tua yang berkeinginan agar anak kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit, saya pun tidak menyia-nyiakan kesempatan. Saya meminta beliau agar berbagi pengalaman tentang kiat-kiat anak mereka bisa menembus kampus negeri yang tergolong favorit itu.

Keinginan itu, tentu bukan semata karena saya dan istri adalah jebolan PTN. Tetapi, saya melihat bahwa ada banyak PTN berkualitas di Indonesia dengan biaya yang terjangkau dan sangat bersahabat dengan pundi-pundi.

Singkatnya, beliau pun menceritakan bahwa sejak kelas 10 SMA, ternyata anak mereka sudah mulai mengikuti bimbingan belajar (bimbel).

Kata beliau, ada banyak manfaat anak mengikuti bimbel tersebut.

Salah satunya, anak bisa mengulang atau memperdalam materi pelajaran yang telah diterima di sekolah. Sehingga anak bisa semakin mahir dan menguasai materi pelajaran.

Selanjutnya, melalui bimbel, anak dapat melatih diri untuk lebih cekatan dalam mengerjakan soal. Pasalnya, untuk menjawab soal-soal tes masuk PTN, ternyata tidak hanya dibutuhkan ketepatan, tapi juga kecepatan.

Dari informasi terpercaya, untuk mengerjakan soal tes masuk PTN (Seleksi Nasional Berbasis Tes), seorang peserta harus mampu mengerjakannya dengan waktu singkat, sekitar satu menit per soal. Oleh karena itu, anak yang ingin mengikuti tes masuk PTN harus sudah benar-benar terlatih membahas soal.

Satu lagi yang tidak kalah penting, bahwa dengan mengikuti bimbel, anak bisa mengukur kemampuannya melalui try out. Melalui hasil try out tersebut, anak akan mampu memprediksi sudah layak diterima di jurusan atau kampus mana saja.

Pada akhir pembicaraan kami saat itu, saya pun bertanya tentang bimbel yang direkomendasikan, tentu sesuai dengan pengalaman belajar anak beliau.

Kemudian, beliau  menjawab kalau anaknya sejak kelas 10 SMA sudah menggunakan Ruangguru.

Berdasarkan cerita tersebut, saya pun mencoba menggali informasi tentang Ruangguru. Setelah mencari berbagai informasi melalui mesin pencarian di internet, akhirnya saya menawarkan kepada anak sulung kami agar menggunakan Ruangguru  untuk mendukung pembelajarannya.

Ternyata apa yang saya niatkan, mendapat sambutan baik, anak kami ternyata memiliki ketertarikan untuk mencoba menggunakan Ruangguru tersebut.

Tepatnya tahun ajaran baru 2021/2022, ketika anak kami memasuki kelas 10 SMA, akhirnya anak kami resmi menggunakan Ruangguru sebagai sahabat belajarnya.

Sekarang, anak kami sudah satu setengah tahun menggunakan  Ruangguru tersebut.

Ternyata, setelah bersahabat selama satu setengah tahun itu, ada banyak manfaat yang sudah dirasakan.  Bahkan, pada Ruangguru, ada beberapa fitur yang sangat disenangi dan sering digunakannya  seperti Ruangbelajar, Ruanguji, dan Roboguru.

Ruangbelajar

Tangkapan layar dari akun Ruangguru berlangganan

Dari ketiga fitur yang sudah saya sebutkan di atas, Ruangbelajar merupakan fitur yang paling sering digunakan. Terutama yang berkaitan dengan  materi pelajaran yang sesuai dengan jurusan anak kami, yakni Kimia, Fisika, Matematika dan Biologi.

Melalui fitur Ruangbelajar ini, harus diakui bahwa ada banyak manfaat yang didapatkan oleh anak kami. Misalnya dapat mengulangi atau memperdalam materi pelajaran yang sudah didapatkan di sekolah, sehingga dapat menguasai  materi  pelajaran lebih mendalam. Persis seperti yang sudah disampaikan teman saya pada awal tulisan ini.

Bahkan sangat membantu juga ketika ingin mempersiapkan ujian di sekolah melalui drill soal, tentu dengan cara menyesuaikan topik yang berkaitan dengan ujian yang akan dihadapi.

Berdasarkan pengalaman anak kami, Ruangbelajar itu sangat menyenangkan karena dilengkapi dengan video pembelajaran yang interaktif dan tampilan menarik. Bahkan di ruang belajar tersebut, ternyata ada ribuan video yang bisa digunakan sesuai kebutuhan belajar dan kurikulum yang sedang berjalan di sekolah, yang siap ditonton berulang kali.

Tidak kalah penting,  bahwa Ruangbelajar itu dilengkapi dengan fitur belajar Adapto. Adapto merupakan video belajar adaptif yang dapat disesuaikan dengan pemahaman pelajar. Dengan adapto tersebut, seorang pelajar akan memiliki perasaan memiliki guru privat.

Nah, agar dapat memahami lebih detail tentang cara menggunakan fitur Ruangbelajar, sahabat pembaca dapat menyaksikan video singkat dari Kak Rama.

Bagaimana, keren dan bermanfaat bukan?

Sekali lagi, ternyata manfaat Ruangbelajar, persis seperti yang telah utarakan teman saya pada awal tulisan ini.

Ruanguji

Setelah Ruangbelajar, anak kami juga sering menggunakan fitur Ruanguji. Fitur ini merupakan tempat bagi kami memantau perkembangan belajarnya dan mengukur kemampuannya melalui try out. Secara khusus, try out yang berkaitan dengan persiapan menghadapi tes masuk PTN (UTBK-SNBT).

Sebagai informasi, bahwa SNBT itu merupakan Seleksi Nasional Berbasis Tes, atau sebelumnya kita kenal dengan sebutan SBMPTN.

Memang UTBK-SNBT yang harus dihadapi anak kami, masih lama, tepatnya 2024. Tapi seperti kata orang bijak, persiapan yang matang adalah kunci keberhasilan. Bukankah orang yang lulus PTN favorit adalah orang-orang yang telah mempersiapkan diri sedini mungkin?

Apalagi kalau melihat data dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) atau penyelenggara UTBK-SBMPTN tahun sebelumnya, bahwa ternyata total peserta yang mengikuti UTBK-SBMPTN tersebut mencapai 800.852, sementara yang diterima melalui jalur tersebut hanya 192.810 saja.

Wah, ternyata ketat bangat ya?

Karena itu, saya pun menyarankan kepada anak kami agar sejak dini atau sejak kelas 10 SMA, harus mulai terlatih dengan model soal UTBK-SNBT. Sehingga persiapannya benar-benar matang.

Menariknya, fitur Ruanguji dari Ruangguru tersebut, ternyata memiliki banyak keunggulan dan keuntungan bagi penggunanya.  Misalnya, melalui Ruanguji  tersebut penggunanya dapat  melihat hasil try out berapa jumlah yang benar dan salah, kemudian menganalisis materi yang perlu ditingkatkan.

Selain itu, dapat juga menganalisis peluang. Kira-kira  dengan nilai yang sudah diperoleh, anak dapat melihat kelayakan lulus pada program studi atau universitas yang diinginkan.  Serta dapat juga memantau peringkat  peserta melalui “leaderboard”.

Itulah beberapa keuantungan dari fitur Ruanguji tersebut.  Dan masih banyak lagi keuntungan lainnya.

Nah, untuk anak kami sendiri, kami melihat banyak kemajuannya melalui Ruanguji. Misalnya, ketika baru pertama kali megikuti try out UTBK 13 Oktober 2021, anak kami masih hanya mampu memperoleh 405. Sekarang  angka itu terus melaju, sudah berada pada kisaran 550 ke atas. Bahkan capaian tertinggi sudah pernah mencapai 614. Artinya, dari try out ke try out, skor anak kami terus melaju berkat berlatih di Ruangguru.

Tangkapan layar dari akun Ruangguru berlangganan

Sebagai orang tua, tentu berharap agar dalam jangka waktu satu setengah tahun lagi, saat memasuki UTBK-SNBT 2024, nilai try out anak kami sudah bisa mencapai di atas 700-an. Hal itu tentu beralasan, mengingat tingginya nilai-nilai peserta UTBK tahun lalu (2022).

Misalnya, bisa lihat data dari LTMPT tahun lalu tentang nilai tertinggi pada bidang Saintek dan Soshum. Atau selengkapnya dapat melihat tabel berikut!

Tangkapan layar dari IG LTMPT
Tangkapan layar dari IG LTMPT

Roboguru

Setelah Ruangbelajar dan Ruanguji, maka satu lagi yang tidak kalah penting adalah Roboguru. Sudah pernah dengar fitur Roboguru?

Roboguru itu merupakan kecerdasan buatan yang terdapat pada aplikasi Ruangguru.

Adapun tujuan kehadiran Roboguru tersebut, yakni bertujuan untuk untuk menyelesaikan soal-soal yang barangkali dirasa para pelajar begitu sulit untuk dipecahkan.

Sakin sulitnya, seolah siswa tersebut sudah mengangkat bendera putih sebagai tanda menyerah.

Nah, Roboguru hadir untuk hal itu. Hadir untuk membantu para pelajar untuk menemukan jawaban dari soal-soal yang dihadapi. Bukan sampai di situ saja, tetapi juga hadir untuk mendapatkan cara memecahkan sosal-soal tersebut, walau sangat sulit.

Caranya? Tentunya sangat mudah. Cukup dengan mengirimkan foto soal yang sedang kamu kerjakan. Setelah itu, Roboguru akan memberikan konsep belajar berupa video sesuai dengan soal yang kamu ajukan.

Gampang bukan?

Itulah beberapa fitur yang sering digunakan anak kami yang terdapat di Ruangguru.

Anda Tertarik Menggunakan Ruangguru?

Selain beberapa hal yang sudah saya ceritakan di atas, sesungguhnya ada banyak pilihan menarik lainnya yang dapat kamu temukan di Ruangguru. Semuanya itu, tentu akan memberikan pengalaman  berbeda untuk Anda dalam belajar, membantu menemukan pola belajarmu, hingga membuat kamu semakin cerdas dan kreatif dalam berpikir.

Misalnya saja, bagi pelajar sekolah dasar (SD), kalian bisa memanfaatkan layanan Dafa Lulu.

Layanan Dafa Lulu, tentunya sangat membantu pelajar memahami materi sekolah dengan video pembelajaran animasi, permainan interaktif bersama Dafa & Lulu, dan tentu ditambah dengan banyak fitur-fitur lainnya yang menarik dan menyenangkan.

Ada juga Brain Academy Online. Sudah pernah mendengar Brain Academy Online?

Layanan Brain Academy Online, merupakan bimbingan belajar online yang interaktif, tentunya dengan adalnya kelas “Live Teaching”yang terjadwal. Dapat melakukan konsultasi PR dengan melalui video call dan forum tanya jawab. Melakukan konseling melalui chat dan video call. Mendapatkan fasilitas tambahan seperti video belajar, try out, dan latihan soal.  Serta yang tidak kalah penting, akan mendapatkan materi belajar dalam bentuk modul cetak dan digital.

Dokrpi

Sebagai informasi tambahan, bahwa konsep belajar online seperti ini, tentunya sangat  berbeda dengan  yang lainnya. Tidak hanya belajar dari Star Master Teacher lulusan PTN, tetapi bisa juga bermain dan berkompetisi dengan teman se-Indonesia dengan permainan panen bintang. Seperti yang pernah dikuti anak kami.

Nah, bagi yang senang melakukan tatap muka, ada juga pilihan lain untuk Anda. Brain Academy Center.

Sudah pernah mendengar fasilitas yang satu ini?

Brain Academy Center adalah bimbingan belajar dengan cara tatap muka. Untuk saat ini, Brain Academy Center telah hadir di lebih dari 80 lokasi di Indonesia. Oleh karena itu, silahkan langsung saja temukan terdekat di kotamu.

Tangkapan layar dari Ruangguru.com

Untuk Brain Academy Center ini, Anda dapat menikmati layanan kelas tatap muka terjadwal yang interaktif dengan terjadwal. Dapat melakukan konsultasi PR dengan tatap muka dan lewat forum tanya jawab. Melakukan konseling melalui chat dan video call. Mendapatkan fasilitas tambahan, yakni mengakses semua fitur Brain Academy Online.  Serta yang tidak kalah penting, akan mendapatkan materi belajar dalam bentuk modul cetak dan digital.

Sekarang …….

Bagi Anda (sebagai pelajar atau orang tua) yang tertarik dengan layanan Ruangguru, cara berlangganannya sebenarnya sangat mudah lho! Langsung saja menuju website https://bayar.ruangguru.com/  dan ingat! pilih jenjang kelas Anda saat ini.

Sesudah itu, Anda dapat login menggunakan email dan password akun Ruangguru yang sudah didaftarkan lebih dulu. Lalu, pilih produk yangAnda inginkan dan pastikan kelasnya sudah sesuai ya!

Berikutnya, cek paket dan fasilitas belajar sesuai kebutuhan Anda dengan cara melakukan meng-klik “Lihat Paket Belajar” lalu klik Beli dan pilih metode pembayaran. Jangan lupa, pastikan paket yang kamu beli sudah sesuai dan yang tidak kalah penting segera selesaikan pembayarannya ya! Biar kamu langsung bisa menikmati pembelajaran melalui Ruangguru.

Atau selengkapnya, bisa juga melihat cara berlangganannya melalui link layanan ruangguru. Dan jangan lupa! Langsung saja download aplikasi Ruangguru di App Store atau Play Store sekarang juga.

Selamat berpetualang dengan berbagai pengalaman pembelajaran yang menarik, hanya di Ruangguru.

More From Author

+ There are no comments

Add yours