Kamu di Rumah Saja, Biar SiKasep yang Mencari Rumah untuk Kamu

Setiap keluarga pasti pernah bermimpi memiliki rumah. Sayangnya tidak sedikit keluarga yang harus mengubur impiannya. Salah satu alasannya, keterbatasan penghasilan, sehingga menjadi penghalang untuk memenuhi persyaratan Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Di sisi lain, ternyata harga rumah semakin sulit dijangkau. Bahkan Real Estate Indonesia (REI) mencatat kenaikan harga rumah di kota besar sudah mencapai 10 – 30%. Tentu tidak sebanding dengan kenaikan penghasilan.

Padahal, kita tahu sendiri rumah itu adalah kebutuhan dasar. Rumah itu penting bagi kita untuk tempat berlindung, baik dari terpaan teriknya matahari atau guyuran hujan. Rumah juga berfungsi sebagai tempat anggota keluarga beistirahat setelah lelah beraktivitas seharian.

Nah, yang ini tidak kalah penting. Bahwa rumah adalah sentral kehidupan keluarga. Sebagian besar waktu kita dan aktivitas yang dilakukan keluarga, sejatinya berada di dalam rumah bersama orang-orang yang dicintai. Atau bisa dibilang bahwa rumah sebagai sarana untuk mewujudkan fungsi keluarga tersebut.

Barangkali tiga bulan terakhir ini, ketika sedang diperhadapkan dengan pandemi Covid-19, tentu kita semakin menyadari hakikat rumah sebagai sentral kehidupan keluarga. Bersama orang-orang yang dicintai, kita dapat bekerja, belajar dan beribadah di rumah.

Sekali lagi, mengingat bahwa rumah merupakan kebutuhan dasar sebuah keluarga, sementara banyaknya masyarakat yang tidak mampu memilikinya, maka pemerintah tetap meneruskan program 1 juta rumah melalui program pengadaan rumah layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Sebab itu adalah amanah yang tertuang dalam cita-cita dan tujuan NKRI. Mewujudkan keadilan dan kesejahteraan rakyat.

Untuk mewujudkan program tersebut, maka Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pun siap untuk mendukung program tersebut.

Melalui Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) yakni sebagai Satuan Kerja dibawah naungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, akan membantu menyalurkan dan mengelola dana investasi pemerintah untuk pembiayaan perumahan bagi masyarakat yang membutuhkan subsidi, yakni melalui skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) atau yang sering disebut sebagai KPR FLPP.

Nah, kini masyarakat berpenghasilan rendah pun bisa bernafas lega, masih bisa bermimpi memiliki rumah yang layak huni. Selain layak huni, harganya juga terjangkau dengan subsidi tersebut. Setidaknya, ada beberapa fitur KPR yang benar-benar dibuat sebagai bentuk bantuan pemerintah untuk memudahkan masyarakat berpenghasilan rendah memiliki rumah impian tersebut.

Adapun fitur KPR yang dimaksudkan seperti suku bunga rendah 5% fixed, jangka waktu kredit sampai dengan 20 tahun, uang muka ringan, bebas PPN serta bebas premi asuransi dan asuransi kebakaran.

Pertanyaannya, apakah keluarga Anda termasuk yang masih bermimpi memiliki rumah idaman tetapi penghasilan terbatas? Atau, apakah Anda juga sedang berencana mencari rumah bersubsidi tetapi masih khawatir keluar rumah untuk melakukan survei karena pandemi Covid-19?

Tidak perlu khawatir! Jangan pernah menyerah untuk meraih impian Anda! Semua ada solusinya. Anda bisa memanfaatkan sebuah sistem yang super keren. Mau tahu sistem apa? Namanya, Sistem Informasi KRP Subsidi Perumahan atau Aplikasi SiKasep.

Aplikasi SiKasep merupakan aplikasi rumah bersubsidi. Sekali lagi, rumah bersubsidi. Melalui aplikasi ini, masyarakat dapat mengakses langsung perumahan yang mereka impikan, memilih bank pelaksana sesuai dengan keinginan serta menunggu proses pengesahannya oleh perbankan.

Dengan adanya Aplikasi SiKasep, maka tidak perlu lagi Anda keluar rumah hanya untuk melakukan servei rumah impian. Apalagi kalau mengingat situasi sekarang, pandemi Covid-19 masih terus berjangkit, maka aplikasi ini sangat tepat digunakan untuk mendukung social distancing.

Intinya, aplikasi ini yang akan membantu wujudkan rumah impian Anda dalam satu genggaman. Hanya dengan memanfaatkan smartphone di genggaman Anda.

Untuk mengetahui lebih dalam bagaimana cara kerja Aplikasi SiKasep ini, silahkan langsung menyaksikan video singkat berikut!

Bagaimana, mudah dipahami bukan? Atau kalau masih kurang jelas dan mencoba langsung praktik, silahkan sahabat pembaca mengikuti panduan berikut!

Sekarang ambil smartphone Anda, unduh aplikasi SiKasep pada platform playstore atau QR code secara gratis. Perlu diingat, bahwa sebelum mengunduh Aplikasi SiKasep, pastikan GPS/lokasi pada smartphone Anda dalam keadaan “AKTIF”.

Kalau sudah selesai mengunduh, maka Anda akan menemukan gambar ikon Aplikasi SiKasep seperti tampilan pada layar smartphone berikut. Selanjutnya klik pada gambar ikon Aplikasi SiKasep. Sekarang, Anda sudah bisa mulai melakukan proses pendaftaran pada halaman depan dengan cara klik “DAFTAR”.

Masukkan data diri Anda sesuai yang diperlukan. Nama lengkap sesuai identitas KTP, kata sandi, nomor KTP, nomor NPWP, kemudian masukkan penghasilan perbulan berupa angka tanpa tanda titik atau koma, dan terakhir masukkan nomor ponsel. Pada akhir isian data jangan lupa bubuhkan tanda centang sebagai tanda setuju dengan syarat dan ketentuannya, lalu klik tombol “LANJUT”.

Selanjutnya, Aplikasi SiKasep akan meminta foto wajah serta foto KTP Anda. Ikuti panduan seperti gambar berikut!

Nah, sekarang Anda sudah terdaftar dan sudah bisa menjalankan Aplikasi SiKasep. Untuk memulainya, silahkan klik “MASUK”, kemudian isi nomor KTP dan kata sandi. Anda pun akan bertemu dengan tampilan berikut!

Menu Pilihan yang Menentukan

Setelah Anda masuk pada bagian ini, maka ada 6 pilihan menu yang sangat menentukan impian Anda. Perhatian penjelasan keenam menu tersebut!

Menu 1, Lokasi Rumah Idaman Anda. Pada menu ini Anda diminta untuk memilih propinsi, kabupaten/kota, dan kecamatan. Pilihlah sesuai lokasi rumah idaman Anda. Setelah itu, simpan dan kembali pada tampilan utama.

Menu 2, Perumahan Sekitar Rumah Anda. SiKasep akan menawarkan perumahan subsidi terdekat, pada wilayah rumah idaman yang telah Anda pilih pada menu sebelumnya. Jika Anda telah yakin dengan rumah subsidi pilihan Anda, silahkan klik pada tombol pilih.

Menu 3, Pilih Bank KPR FLPP. Anda dapat memilih bank pilihan Anda! Kemudian klik pada tombol pilih.

Menu 4, Cek Status Pengajuan KPR. Setelah melewati tahapan-tahapan di atas, selanjutnya Anda dapat melakukan pengajuan verifikasi. Prosesnya perhatian gambar berikut.

Menu 5, Lain-Lain. Pada menu ini, Anda dapat menemukan berbagai informasi penting seperti dokumentasi perumahan FLPP seluruh provinsi di Indonesia, simulasi kalkulator KPR FLPP dengan bunga tetap 5%, syarat dan ketentuan penggunaan Aplikasi SiKasep, tata cara penggunanaan Aplikasi SiKasep, serta informasi hotline PPDPP.

Menu 6, Keluar. Anda dapat keluar dari tampilan layar ini.

Ternyata, sangat praktis bukan? Sangat berbeda dengan zaman saya membeli rumah 2006 lalu. Saya harus berkeliling dan memakan waktu yang tidak sedikit, bahkan hampir sebulan melakukan survei baru ketemu dengan rumah idaman. Itulah artinya kemajuan teknologi dan inovasi seperti sekarang.

Berhubungan dengan inovasi yang terus dilakukan oleh PPDPP, tidak keliru kalau PPDPP meraih berbagai penghargaan. Berikut adalah bebarapa contoh penghargaan yang pernah diterima PPDPP yang berhubungan dengan inovasi.

Misalnya, penghargaan yang diberikan “Realestate Creative Awards 2017” sebagai “Government Institution with Most Innovative e-FLPP Housing Programs”. Ada juga penghargaan atas “e-FLPP Berbasis Sistem Elektronik” sebagai TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2018 yang diberikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Tentu penghargaan tersebut adalah bentuk wujud penerapan visi dari PPDPP tersebut, ” Menjadi lembaga penyedia layanan pembiayaan perumahan dan pengelola dana yang profesional dan handal dalam mendukung pemenuhan kebutuhan perumahan bagi rakyat. “

Selain itu, sebagai bukti kesungguhan PPDPP mendukung rumah bersubsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah, terlihat dari upaya PPDPP sebagai lembaga yang mengelola dana FLPP, telah berhasil menyalurkan sebesar Rp. 6,82 triliun untuk 67.498 unit rumah per Selasa (16/6). Jumlah tersebut telah mencapai 65,85% dari target realisasi 2020. Atau sebesar Rp. 11 triliun untuk 102.500 unit rumah.

Akhir kata, semoga dengan kebijakan program ini, semakin banyak masyarakat di negeri kita yang merasakan nikmatnya bersama keluarga di rumah yang mereka impikan. Semoga

Sumber Referensi:

https://indonesia.go.id/narasi/indonesia-dalam-angka/ekonomi/program-satu-juta-rumah-wujud-negara-hadir

https://ppdpp.id/

*) Seluruh gambar yang berhubungan dengan Aplikasi SiKasep merupakan tangkapan layar dan diolah penulis dari sumber https://ppdpp.id

One Reply to “Kamu di Rumah Saja, Biar SiKasep yang Mencari Rumah untuk Kamu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *