Indonesia Fundraising Award, Apresiasi Bagi Pejuang Kemanusiaan

Secara ekonomi masih banyak masyarakat Indonesia yang kurang beruntung, yang membutuhkan kepedulian dan pertolongan. Berdasarkan data BPS September 2019, terdapat sekitar 24 juta lebih penduduk miskin di Indonesia. Bahkan disinyalir angka itu akan bertambah pesat akibat dampak pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung.

Bisa kita bayangkan seandainya tidak ada yang tergerak untuk menolong mereka. Bukan tidak mungkin permasalahan sosial akan terus meningkat. Kita sendiri dengan mudah melihat potret kemiskinan selama ini, baik melalui media massa, media sosial atau bersentuhan langsung dengan mereka di tengah-tengah masyarakat.

Untungnya, masih banyak masyarakat di Indonesia yang memiliki hati dan kepedulian terhadap sesama. Sikap demikian ternyata menjadi faktor pendorong tumbuh dan berkembangnya fundraising di Indonesia. Bahkan tidak sedikit lembaga sosial kemanusiaan yang hadir untuk memfasilitasi kedermawanan masyararakat tersebut.

Semangat kehadiran lembaga sosial, patut diapresiasi. Berharap dengan apresiasi pada lembaga sosial kemanusiaan menjadi bahan bakar baru untuk tetap memberikan semangat dalam melakukan  upaya fundraising secara konsisten dan berkelanjutan.

Institut Fundraising Indonesia (IFI) adalah salah satu yang melihat pentingnya ajang apresiasi terhadap lembaga sosial kemanusiaan tersebut. Sebelum memaparkan tentang ajang apresiasi yang dilakukan IFI, saya terlebih dahulu akan memperkenalkan seputar IFI.

IFI adalah lembaga training, consulting dan publishing yang bergerak di bidang fundraising. IFI didirikan oleh Arlina F.Saliman dan M.Arifin Purwakananta, yang sudah malang melintang di dunia fundraising sejak 2013.

Lahirnya IFI merupakan bagian dari keresahan terhadap minimnya kaderisasi sumber daya manusia di bidang fundraising serta masih banyak lembaga sosial yang tidak berkembang karena  strategi fundraising yang kurang tepat.

Adapun yang menjadi visi dari IFI adalah “Menjadi lembaga yang mendorong terciptanya sustainable Development Indonesia.”

Sementara untuk misi “Melahirkan sumber daya manusia yang tangguh di bidang fundraising dalam dan luar negeri, menyediakan literatur fundraising yg relevan untuk Indonesia melalui penerbitan buku, majalah, media online dan media fundraising lainnya, mendorong kemandiriaan Indonesia melalui kemitraan fundraising agency, membangun jaringan lembaga sosial untuk program sutainable development.

Indonesia Fundraising Award 2020

Nah, beberapa waktu lalu (9 Juli 2020), IFI sendiri telah berhasil menyelenggarakan ajang apresiasi “Indonesia Fundraising Award (IFA) 2020” secara online (daring).

Pada awal acara, Riza yang berlaku sebagai host menyampaikan bahwa IFA Award 2020 adalah ajang apresiasi kepada pejuang zakat dan kemanusiaan. Ajang untuk mendorong lembaga zakat dan kemanusiaan untuk lebih profesional dan transparan. Serta ajang untuk mengajak generasi muda untuk bersama-sama berjuang dan berdedikasi menggalakkan fundraising sosial di Indonesia.

Ajang apresiasi yang baru pertama kali ini dilakukan, sejatinya diselenggarakan pada bulan Maret, berhubung adanya pandemi Covid-19 maka dilakukan pada saat yang tepat, seperti yang baru saja berlangsung.

Sebelum Melakukan ajang apresiasi ini, penyelenggara telah melakukan berbagai tahapan. Mulai dari tahap pendataan terhadap lembaga zakat dan kemanusiaan serta NGO. Kemudian dilakukan seleksi berkas untuk melakukan proses kategorisasi dan menentukan nominator. Serta pada tahap terakhir melakukan penjurian.

Untuk tahap penjurian apresiasi IFA Award 2020 ini, dilakukan oleh juri independen, yang tidak mewakili lembaga berkaitan agar menjalankan tugasnya dengan objektif.

Adapun dewan juri yang turut serta dalam proses penilaian tersebut adalah Ahmad Juwaini (Direktur KNKS), Arlina F. Saliman (CEO IFI), Agus Budiyanto, Direktur Eksekutif Forum Zakat).

Setelah menjalankan tugas dalam satu tahun belakangan ini, maka dewan juri pun memutuskan nominator yang yang memang terbukti telah berbuat banyak kepada masyarakat Indonesia. Dari nominator tersebut, maka dipilih satu lembaga terbaik berdasarkan kategori yang telah ditentukan.

Adapun yang menjadi kategori nominasi IFA Award 2020, sekaligus peraih apresiasi tersebut sebagai berikut:

Kategori Fundraising Zakat Terbaik diraih oleh Dompet Dhuafa, kategori Fundraising Infak Terbaik diraih oleh Baitul Maal Hidayatullah, kategori Fundraising Kemanusiaan Terbaik diraih oleh Aksi Cepat Tanggap, kategori Fundraising CSR Terbaik diraih oleh Human Initiative, kategori Fundraising Digital Terbaik diraih oleh Baznas.

Kategori Platform Fundraising Digital Terbaik diraih oleh kitabisa.com, kategori Fundraising Program Kesehatan Terbaik diraih oleh Palang Merah Indonesia (PMI), kategori Fundraising Program Pendidikan Terbaik diraih oleh Yatim Mandiri. Kategori Fundraising Program Anti Korupsi Terbaik diraih oelh ICW.

Kategori Fundraising Program Bantuan Hukum Terbaik diraih oleh LBH Jakarta, kategori Fundraising Wakaf Produktif Terbaik diraih oleh Sinergi Foundation, kategori Fundraising Komunitas Terbaik diraih oleh Gerak Bareng, kategori Fundraising Penggalangan Dana Langsung diraih oleh LMI, kategori Fundraising Kurban Terbaik diraih oleh LAZISNU, kategori Program Fundraising Oleh Perguruan Tinggi diraih oleh STF UIN, sementara untuk kategori Life Achievement Tokoh Pendukung Gerakan Fundraising Indonesia diraih oleh Gus Sholah.

Untuk selengkapnya, sahabat pembaca dapat menyaksikan ajang apresiasi tersebut pada video berikut.

Demikianlah ajang apresiasi IFA Award 2020 terselenggara dengan baik. Sebelum acara berakhir, Arlina F. Saliman selaku CEO IFI menyampaikan harapannya bagi lembaga sosial kemanusian, lembaga zakat, komunitas, NGO, tingkatkan fundraisingnya, tingkatkan kolaborasinya, karena IFA Award merupakan ajang apresiasi untuk mendorong fundraising. Even ini diharapkan bukan yang pertama, tetapi akan ada pada tahun berikutnya, tentu dengan kategori yang semakin luas. Untuk itu diharapkan tetap berkreasi dan berinovasi demi semangat Indonesia yang lebih baik.

Sumber Referensi :

http://fundraisingindonesia.org/mission/

One Reply to “Indonesia Fundraising Award, Apresiasi Bagi Pejuang Kemanusiaan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *