Perlu Pertimbangan Sebelum Berbisnis Online

Shifting. Itu yang terjadi dalam berbagai aspek kehidupan ketika masuk era digital. Termasuk dalam hal berbisnis. Akibat perkembangan dan kemajuan teknologi digital yang semakin canggih, serta akses internet yang makin terjangkau, mengakibatkan pergeseran bisnis offline menjadi bisnis online yang makin marak.

Bisnis online memang menarik dan menggiurkan. Tanpa modal yang besar pun seseorang sesungguhnya sudah bisa berbisnis online. Cukup dengan gadget di tangan dan internet yang terkoneksi. Tentu tidak lupa dengan produk yang mau ditawarkan iya!

Menariknya, tanpa memiliki produk sendiri pun sudah dapat menjalankan bisnis online. Misalnya menjalankan bisnis online dengan sistem dropship. Sistem yang pernah juga dijalankan oleh istri ini, ternyata bisa dibilang hampir tanpa modal, modalnya hanya promosi di group whatsapp atau media sosial lainnya. Semakin rajin berpromosi, maka semakin besar pula peluang atau hasilnya.

Nah, apalagi masa-masa pandemi Covid-19 seperti sekarang, yang sudah sepuluh bulan berlangsung. Berkat anjuran pemerintah, agar masyarakat di rumah saja tentu akan meningkatkan peluang bisnis online tersebut.

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Principal Economist Payment System Policy Department Bank Indonesia (BI) Agung Purwoko, menyampaikan bahwa “Transaksi di e-commerce [dagang elektronik] ada di atas 140 juta transaksi. Ini berdasarkan data Agustus 2020.” (Bisnis.com)

Bisa Anda bayangkan, itu masih berdasarkan data Agustus 2020, lima bulan sesudah Indonesia dinyatakan ada yang tertular virus corona (Maret 2020). Bagaimana dengan data lima bulan kemudian? Maksudnya hingga sekarang. Tentu sudah ada peningkatan dari angka yang ditampilkan tadi.

Apalagi jumlah populasi sebanyak 269 juta jiwa, penetrasi penggunaan internet sudah mencapai 64 persen. Bisnis online adalah peluang yang menjanjikan ke depan. (Bisnis.com)

Bagaimana sahabat pembaca, tertarik dan tertantang untuk meramaikan bisnis online? Menurut hemat saya ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan sebelum benar-benar memulai bisnis online.

Analisis SWOT

Analisis SWOT adalah sebuah cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui kekuatan diri (strength), kelemahan diri (weaknees), kesempatan (oppurtinities) yang dimiliki, dan tantangan (treath) yang dihadapi berhubungan dengan bisnis online.

Silahkan kenali dan observasi kekuatan diri yang Anda miliki secara jujur. Untuk bisnis online, tentu harus memiliki memiliki ketertarikan, pengetahuan dan keahlian yang relevan.

Atau, perlu juga mengenali kelemahan diri. Apakah Anda memiliki berbagai kelemahan yang memungkinkan mengganggu aktivitas bisnis online kelak? Kalau kelemahan-kelemahan itu sangat fatal dan mungkin akan menghambat perkembangan bisnis, tentu dapat dijadikan sebagai pertimbangan.

Apakah ada kesempatan yang bisa kamu manfaatkan untuk mendukung bisnis online? Adakah tantangan terberat yang memungkinkan berakibat pada terganggunya bisnis onlinemu?

Dengan memahami hal-hal tersebut, tentu akan membantumu untuk mempertimbangkan dan memutuskan rencana memulai bisnis online, hal-hal apa yang perlu kamu pelajari dan kembangkan, atau mungkin dalam membuat strategi untuk menjalankan bisnis online tersebut.

Survey

Untuk mengetahui produk yang dibutuhankan pasar, ada baiknya melakukan pengamatan atau membuat survei. Sehingga produk kita bukan terkesan karena ikut-ikutan dengan bisnis orang lain. Sehingga ketika menjalankan bisnis online, produk yang ditawarkan benar-benar diterima oleh pasar.

Kualitas Produk

Usahakan membuat produk atau mencari produk yang memiliki kualitas yang baik. Sehingga setiap pembeli merasa puas, kemudian mereka pun menjadi pelanggan. Bahkan mereka dapat menjadi bagian dari promosi berjalan karena kepuasan atas produk tersebut.

Kejujuran

Ini tentu tidak kalah penting. Ketidakjujuran sering sekali membuat orang tidak percaya pada kita. Sebagus apa pun barang yang kita tawarkan, kalau sudah kehilangan kepercayaan dari orang lain tentu tidak akan pernah mau lagi membeli produk yang kita tawarkan. Untuk itu, bangunlah niat jujur ketika berbisnis online, bahkan dari sejak merencanakan komitmen ini perlu dijaga.

Buatlah Promosi yang Menarik

Bangunlah kesan yang menarik ketika membuat promosi produk. Barangkali pernah mendengar pesan penting dari sebuah iklan, “Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah Anda.”

Untuk membuat promosi produk sesungguhnya banyak cara yang bisa dilakukan. Misalnya dengan tampilan bentuk dan gambar yang menarik. Kemudian disebarkan melalui blog atau media sosial.

Atau bisa juga dengan mencetak brosur dengan menggunakan printer. Barangkali brosur yang dicetak dapat juga dipajang di tempat-tempat yang ramai dilalui orang atau disebarkan di perumahan-perumahan.

Ngomong-ngomong kalau bicara tentang brosur, saya punya saran lho agar brosurnya kualitas yang terjamin. Mau tahu? Anda bisa menggunakan salah satu printer HP. Anda tentu dapat memanfaatkan printer multifungsi yakni HP Laserjet Pro M404dn.

Printer merk ini merupakan printer andalan karena membawa teknologi terbaru yang canggih. Harganya, bersaing. Tentu sesuai dengan kualitas dan kegunaannya. Printer HP Laserjet Pro M404dn ini ternyata memiliki kemampuan mencetak dokumen maupun foto yang baik serta dilengkapi fitur wireless.

Adapun yang menjadi keunggulan dari printer ini adalah dapat mencetak cepat tanpa kendala serta memiliki sambungan nirkabel yang hebat. Artinya printer ini memang memungkinkan untuk menghemat waktu serta tak perlu dipusingkan dengan kabel karena printer ini bisa mencetak dengan jangkauan yang cukup jauh dan hampir pada semua perangkat yang Anda miliki.

Kalau mau pesan printer ini atau barangkalai membandingkan printer HP merk lain, mampir aja ke Erasupplies.com

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours