Membidik Kampus Vokasi Pencetak Entrepreneur

Presiden Joko Widodo pernah menyebutkan, jika ingin menjadi negara maju, setidaknya ada 14 persen dari total penduduk Indonesia yang menjalani profesi wirausaha (entrepreneur).

Sementara berdasarkan informasi media terpercaya, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengakui kalau tingkat kewirausahaan (entrepreneurship) di Indonesia masih berada pada angka 3,47 persen.

Angka tersebut jauh tertinggal dibandingkan beberapa negara di kawasan Asia Tenggara. Misalnya, Singapura sudah mencapai level 8,5 persen. Sementara Malaysia telah mencatatkan tingkat kewirausahaanya di level 4,5 persen.

Dari fakta tersebut, kita dapat menarik kesimpulan, bahwa “pe-er” kita masih banyak.

Kita tidak boleh lengah. Saatnya bersinergi memajukan negeri dan menciptakan kemakmuran masyarakat, sesuai cita-cita bangsa, menjadi negara yang berkeadilan dan makmur. Kehadiran entrepreneur, sejatinya menjadi solusi untuk mewujudkan hal tersebut.

Oleh karena itu, kita harus giat mendorong para generasi muda agar terbuka dan sungguh-sungguh mau mengembangkan jiwa entrepreneur.

Bagaimana caranya?

Tentu dengan memberikan perhatian khusus bagi generasi muda. Misalnya, melakukan berbagai pelatihan yang dibutuhkan menjadi seorang entrepreneur, mempertemukan generasi muda dengan entrepreneur sukses, dengan harapan generasi muda dapat menimba pengetahuan dan pengalaman, serta terinspirasi dari entrepreneur sukses tersebut.

Selain itu,tidak kalah penting, menyarankan generasi muda mengambil pendidikan yang barbasis atau mendukung pengembangan entrepreneurship. Misalnya memilih kampus yang siap mencetak entrepreneur-entrepreneur muda di Indonesia.

Pertanyaannya, di mana generasi muda menemukan kampus yang demikian?

Salah satunya, bisa memilih Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia (WBI). Kampus Entrepreneur di Sumut, yang siap menghasilkan pengusaha muda yang kompetitif dan unggul.

Atau sahabat pembaca, bisa juga menyaksikan profile kampus Politeknik WBI pada video berikut!

Secara latar belakang, kehadiran kampus WBI ini, didasari oleh niat mulia dan rasa prihatin Martua Sitorus (Pengusaha Sukses Indonesia). Mengingat masih tingginya tingkat pengangguran serta rendahnya jumlah entrepreneur di Indonesia, beliau ingin menghadirkan sebuah solusi.

Berbekal sebagai pengusaha sukses, tentu tidak keliru kalau beliau berkomitmen menghadirkan Politeknik WBI sebagai institusi pendidikan tinggi yang dapat membantu masyarakat keluar dari masalah pengangguran dan menciptakan kesejahteraan masyarakat luas, tentu hal itu dilakukan dengan pembentukan generasi muda yang berjiwa enterpreneur yang tidak hanya mementingkan diri sendiri, tetapi juga menolong orang lain.

Saya jadi teringat pernyataan yang disampaikan DR.HC. Ir. Ciputra, ” Enterepreneurship akan mengantarkan seseorang menjadi manusia penuh daya, yang bukan hanya bisa menolong dirinya sendiri, tapi juga orang lain.”

Nah, bagi yang tertantang menjadi seorang enterpreneur, Politeknik WBI menghadirkan beberapa program studi yang relevan, diantaranya: Agribisnis Holtikultura, Akuntansi Perpajakan, Manajemen Pemasaran Internasional, Pengelolaan Konvensi dan Acara, serta Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak.

Khusus untuk program studi Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak WBI, bertujuan menghasilkan lulusan yang terampil, teruji dan tersertifikasi serta berjiwa entrepreneur melalui kurikulum yang merujuk kepada Asosiasi Pendidikan Ilmu Komputer Indonesia (APTIKOM) dan standar pendidikan global.

Dengan didukung kampus modern, staf pengajar yang kompeten, serta kurikulum pembelajaran yang telah tersusun berdasarkan kompetensi keahlian dan keterampilan khusus, maka generasi muda yang mengambil kuliah di Politeknik WBI, diharapkan merasakan kenyamanan dan siap memasuki dunia nyata sebagai seorang entrepreneur profesional.

Dilandasi dengan visi “menjadi politeknik unggul dalam pendidikan vokasional yang menghasilkan entrepreneur, serta memiliki keterampilan teknis sesuai dengan program studinya untuk pembangunan bangsa”, Politeknik WBI diharapkan menjadi kampus vokasi pencetak entrepreneur.

Serta mewujudkan tujuan menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan teknis terapan yang tinggi, berkarakter entrepreneur, berintegritas dan jujur. Membangun budaya penelitian, iklim akademik dan karakter entrepreneur di kalangan sivitas akademika. Menjadi Entrepreneurial Polytechnic terkemuka dan berstandar global. Serta, Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian masyarakat yang membantu pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan ekonomi Indonesia.

Nah, bagi yang ingin mewujudkan impian bersama Politeknik WBI, ini dia alamat kampusnya: Jl. Warakauri, Laut Dendang, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371. Selamat bergabung!

Sumber Referensi:

Liputan6 || Media Indonesia || WBI

You May Also Like

More From Author

2Comments

Add yours

+ Leave a Comment